whatsapp button

February 14, 2021

Telogen Effluvium, Kerontokan Rambut yang Muncul Mendadak

BLOG-telogen-effluvium-kerontokan-rambut-yang-muncul-mendadak

Sumber Gambar: Unsplash


Kerontokan rambut bisa menjadi awal kebotakan yang dialami. Tidak heran, para pria khawatir begitu menemukan rambut rontok dalam jumlah yang banyak. Padahal, hal itu belum tentu fase awal kebotakan, namun hanyalah telogen effluvium.

Rambut yang rontok sebenarnya hal yang normal. Dalam sehari rata-rata, rambut bisa rontok hingga 100 helai. Namun, ada kalanya jumlahnya lebih dari itu. Jika mengalaminya, bisa jadi Anda sedang mengalami telogen effluvium.

Telogen effluvium merupakan kondisi kerontokan rambut yang parah secara mendadak. Tiba-tiba kerontokan rambut lebih banyak dari biasanya. Tercatat rambut yang rontok bisa mencapai di atas 100 helai per hari.

Adapun kerontokan yang terjadi biasanya merata di semua sisi rambut. Karena jumlah yang rontok banyak, rambut jadi cenderung menipis. Namun, bisa jadi pula, rambut yang rontok hanya di beberapa area kepala. Hal ini tergantung kepada setiap kondisi individu.


Pemicu Tologen Effluvium

Telogen Effluvium terjadi karena ada gangguan pada siklus pertumbuhan rambut. Saat kondisi tersebut terjadi, jumlah rambut yang memasuki fase telogen menjadi lebih banyak dari biasanya.

Perlu diketahui, rambut memiliki empat fase dalam siklus pertumbuhannya. Secara berurutan dari awal dan akhir, fase tersebut adalah anagen, catagen, telogen, dan exogen.

Fase telogen adalah masa beristirahat bagi rambut. Dalam fase ini, rambut berhenti tumbuh dan memulai kerontokan. Ketika telogen effluvium terjadi, jumlah rambut yang berada di fase ini meningkat drastis. dari biasanya hanya 10%, jumlahnya dapat melonjak menjadi 30% atau lebih.

Kondisi ini sering dipicu oleh stres atau trauma besar yang dialami tubuh. Bisa jadi ada masalah kesehatan, gangguan hormon, ataupun kehilangan berat badan secara ekstrem. Namun, kekurangan nutrisi, mejalani pengobatan tertentu, serta operasi dapat pula mendorong kemunculan telogen effluvium.


Bersifat Temporer

Berbeda dengan kerontokan rambut yang menjadi awal kebotakan, telogen effluivum bersifat temporer. Artinya seiring waktu, kerontokannya bisa berhenti dengan sendirinya. Biasanya hal tersebut terjadi dalam rentang waktu tiga bulanan.

Setelah itu, kerontokan rambut yang parah akan berhenti. lalu, rambut mulai tumbuh seperti biasa.

Kondisi ini berbeda dibanding dengan kerontokan rambut yang mengawali kebotakan. Kecenderungannya hal tersebut terjadi kontinu selama berbulan-bulan atau bahkan tahunan.

Untuk membedakannya memang tidak mudah. Butuh diagnosa dokter agar bisa memberikan jawaban pasti. Namun, biasanya telogen effluvium tidak diikuti dengan penurunan garis rambut. Yang terjadi cuma penipisan rambut karena rontok.

Oleh sebab itu, perhatikan kerontokan rambut yang dialami. Jika hanya sementara, maka bisa sedang mengalami telogen effluvium.


Artikel Lainnya

Penjelasan DHT dan Kerontokan Rambut Pria

Kenyataannya adalah bahwa kerontokan rambut pada pria terutama disebabkan oleh dihydrotestosterone (DHT), hormon steroid pria yang berikatan dengan reseptor di kulit kepala Anda dan - pada pria yang rentan secara genetik - bertanggung jawab atas kerontokan rambut.

Manfaat Finasteride Dalam Mendukung Pertumbuhan Rambut

Kebotakan sering diawali dengan kerontokan rambut yang tidak diikuti oleh pertumbuhan rambut. Oleh sebab itu, penggunaan finasteride sangatlah bermanfaat. Kandungannya terbukti mampu mendukung rambut tumbuh lebih cepat.

Waspada, Kebotakan Dini Bisa Dialami Sejak Muda

Kerontokan rambut yang memicu rambut botak tidak mengenal usia. Meski biasanya terjadi di usia 30-an hingga 40 tahunan, kebotakan dini juga bisa dialami kaum muda.