whatsapp button

January 20, 2021

Peran Penting Folikel Bagi Pertumbuhan Rambut

BLOG-peran-penting-folikel-bagi-pertumbuhan-rambut

Folikel rambut memang tidak terlihat oleh mata biasa karena terlalu kecil. Namun, meski mungil, peranannya bagi pertumbuhan rambut sangatlah penting. Maka, jika ingin rambut tumbuh dengan baik, pastikan kesehatan folikel terjaga.

Di balik ribuan helai rambut kita terdapat folikel. Posisinya ada di epidermis atau lapisan terluar kulit yang menjorok ke lapisan di bawahnya (dermis).

Folikel merupakan lubal atau pori kecil yang terdapat di kulit dan menjadi tempat rambut tumbuh. Jumlahnya di seluruh tubuh banyak. Ditengarai di kulit kepala saja, terdapat tidak kurang dari 100 folikel.


Fase Pertumbuhan Rambut

Untuk memahami peran penting folikel, pemahaman mengenai fase pertumbuhan rambut diperlukan. Secara garis besar, rambut mengalami tiga masa yang berubah terus menjadi sebuah siklus.

Fase Anagen

Masa pertumbuhan. Saat ini rambut mulai tumbuh dari akarnya. Fase ini biasanya berlangsung antara tiga sampai tujuh tahun.

Fase Catagen

Masa transisi. Pada momen ini, pertumbuhan rambut melambat. Folikel juga ikut mengerut. Fase ini terjadi selama dua hingga empat bulan.

Fase Telogen

Masa istirahat. Saat ini rambut mulai rontok, namun pelan-pelan ada rambut baru yang tumbuh dari folikel yang sama. Terjadi selama tiga hingga empat bulan.


Folikel Dalam Pertumbuhan Rambut

Peran penting folikel tidak lepas dari keberadaannya sebagai tempat menumbuhkan rambut. Folikel menjadi lokasi tempat ketiga fase pertumbuhan rambut berlangsung. Maka, jika folikel rusak, bisa jadi rambut tidak akan tumbuh kembali.

Kendati demikian, folikel yang normal selalu bisa mengatur fase pertumbuhan rambut secara otomatis. Bahkan, dalam satu waktu yang sama, terdapat folikel yang tengah menjalankan fase yang berbeda. Dengan kata lain, selalu ada folikel yang tengah berada di fase anagen, telogen, atau catagen.

Dampak nyata dari hal tersebut adalah siklus pertumbuhan rambut yang konsisten. Nanti bakal ada rambut yang rontok. Namun, pada saat yang bersamaan, pertumbuhan rambut terus terjadi.

Alhasil, jika pertumbuhan rambut normal, maka tidak akan ada kebotakan yang terjadi. Akan ada selalu rambut yang tumbuh karena fase anagen tetap terjadi. bahkan, diketahui 90% folikel rambut selalu berada di masa tersebut.

Oleh karenanya, folikel yang sehat penting bagi pertumbuhan rambut. dari sini akar rambut mulai tumbuh dan berkembang. Berbagai komponen di dalam dan sekitar folikel akan mendukung perkembangan rambut.

Mulai di bagian dasar folikel tempat bulbus rambut. Sel-sel yang hidup di dalamnya akan membelah dan tumbuh membangun batang rambut.

Lalu, di sekitar folikel rambut terdapat kelenjar sebasea. Ini adalah penghasil minyak yang menutrisi kulit dan rambut. proses tersebut memungkinkan rambut tumbuh dengan sehat.

Namun, peran folikel bukan cuma terkait dengan pertumbuhan rambut. Warna dan bentuk rambut seseorang juga bisa ditentukan dari folikel. Oleh karena itu, peran folikel semakin vital. jadi, jaga kesehatannya ya.




Artikel Lainnya

Kebotakan Karena Keturunan Berasal dari Garis Ayah Atau Ibu?

Faktor genetis memang bisa memengaruhi potensi kebotakan seseorang. Mereka yang memiliki garis keturunan botak potensial akan mengalami hal serupa. lantas apakah dari kerabat dari ayah atau ibu yang lebih berperan?

Ternyata Seperti Ini Pandangan Wanita Terhadap Pria Botak

Mengalami kebotakan sering menjadi beban tersendiri bagi kaum pria. Mereka merasa wanita tidak akan tertarik lagi dengan dirinya. Benarkah seperti itu?

Berapa Lama Minoxidil Akan Memberikan Hasil?

Minoxidil merupakan obat kerontokan rambut yang sudah teruji klinis. Bersama Finasteride, obat ini menjadi satu-satunya perawatan kebotakan yang diakui oleh Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat. Lantas, berapa lama penggunaan Minoxidil membuahkan hasil?