whatsapp button

February 01, 2021

Mulai kapan Kerontokan Rambut Dialami Oleh Pria?

BLOG-mulai-kapan-kerontokan-rambut-dialami-oleh-pria

Sumber foto: Unsplash


Kerontokan rambut rawan dialami oleh para pria. Jika terus berlanjut, kebotakan permanen dapat dialami.Oleh sebab itu, penting untuk segera menyadarinya karena kerontokan rambut bisa datang sejak muda.

Male pattern baldness atau kebotakan pada pria memang mengancam siapa saja. Pemicunya berbeda-beda mulai dari faktor hormon, masalah kesehatan, stres, hingga genetis.

Biasanya kebotakan pada pria sering diawali dengan kerontokan rambut. Mulanya rambut rontok sedikit demi sedikit. Lalu, lama-kelamaan jumlahnya semakin banyak.

Bersamaan dengan itu, pertumbuhan rambut pun terhenti. Rambut kian menipis dan garis rambut ikut mundur. Lalu, muncul titik-titik kebotakan yang bisa membesar seiring waktu. Pada akhirnya kebotakan permanen pun terjadi.

Banyak pria yang ingin menghindari kebotakan permanen. Hal itu memang dimungkinkan dengan perawatan secara teratur. Namun, kecepatan penanganan juga memengaruhi kesuksesannya. Oleh sebab itu, sangat disarankan segera melakukan tindakan secepatnya ketika kerontokan rambut mulai terjadi.


Dimulai Dari usia 20 Tahunan

Momen awal kerontokan rambut bagi setiap pria berbeda-beda. Tidak ada patokan pasti tentang waktunya. namun, usia 20 tahunan sering menjadi waktu pertama kali mulai mengalaminya.

Menurut dr.Alan Bauman dari Bauman Medical Group di Amerika Serikat, 20% pria sudah merasakannya pada rentan usia tersebut. Naik ke rentang usia yang lebih tua, kerontokan rambut semakin mungkin terjadi. Bauman menyebutkan 30% pria pada umur 30 tahunan sudah mengalaminya.

Temuan American Hair Loss Association memperkuat hal tersebut. Diketahui bahwa 85% pria telah mengalami penipisan rambut pada usia ke-50.

Kerontokan rambut yang memicu kebotakan memang dapat terjadi dalam jangka panjang. Selama umur 15 tahunan hingga 60 tahunan, masalah tersebut terus dapat dialami para pria. Hingga akhirnya dua per tiga pria pada umur 60 tahun telah menjadi botak permanen.


Mulai Waspada

Oleh sebab itu, mulai sekarang cermati kerontokan rambut yang dialami. Jika dalam sehari sudah dari 100 yang rontok, maka segera lakukan perawatan. Jumlah di bawah itu masih terhitung normal.

Semakin dini perawatan dilakukan, maka kemungkinan untuk menahan kebotakan permanen bertambah besar. Jadi, jangan tunggu kerontokan rambut semakin parah jika tidak ingin botak.


Sozomen Sebagai Klinik Online Pertama

Saat mengalami kerontokan rambut selama pandemi, susah juga kalau harus pergi keluar rumah. Sozomen hadir untuk memberikan solusi kerontokan. Sebagai klinik online pertama di Indonesia, Sozomen memberikan banyak kemudahan. Tak perlu repot pergi ke dokter, sebab Sozomen memberikan konsultasi gratis, ada dr.Veronica dan dr.Syarief Hannifan yang berpengalaman merekomendasikan produk yang tepat.


Artikel Lainnya

5 Nutrisi Penting Untuk Mencegah Rambut Rontok

Seiring pertambahan usia, kerontokan rambut yang menjadi awal kebotakan dapat dialami oleh para pria. Selain melakukan perawatan rambut, asupan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan rambut juga perlu dikonsumsi.

Bukti Dari Sozomen, Dari Rambut Botak Kembali Lebat

Banyak pihak yang mengklaim mampu mengatasi kebotakan. Namun, hanya sedikit yang bisa memberi bukti nyata seperti Sozomen. Setelah melakukan perawatan bersama Sozomen, rambut dapat kembali lebat.

Hindari Rambut Rontok Karena Situasi Pandemi

Dalam masa pandemi seperti sekarang, Anda memang berpotensi mengalami kondisi medis yang disebut sebagai Telogen effluvium. Secara garis besar, ini merupakan kerontokan rambut secara signifikan untuk sementara waktu.