whatsapp button

January 29, 2021

Mari Pahami Fase Pertumbuhan Rambut

BLOG-mari-pahami-fase-pertumbuhan-rambut

Sumber foto: Unsplash


Pertumbuhan rambut ternyata tidak sesederhana yang terlihat. Saat menumbuhkan rambut terdapat tahapan-tahapan yang mesti dilalui. Tahapan tersebut berulang hingga menjadi siklus.

Terdapat empat fase pertumbuhan rambut yang dialami oleh setiap orang. Setiap fase memiliki kurun waktu tersendiri yang bisa dipengaruhi oleh faktor usia, generis, nutrisi, maupun kesehatan tubuh.

Berikut ini keempat fase pertumbuhan rambut tersebut:


Fase Anagen - Masa Pertumbuhan

Pertumbuhan rambut dimulai dari saat ini. Maka, fase anagen juga dikenal sebagai masa pertumbuhan rambut. Dalam tahapan ini, folikel mengeluarkan akar rambut hingga rambut tumbuh, sampai akhirnya rontok karena masa hidupnya telah berakhir.

Kurun waktu fase anagen berbeda-beda. Namun biasanya terjadi antara kisaran tiga sampai lima tahun. Meski begitu, ada pula yang berada di tahapan tersebut hingga tujuh tahun. Fase anagen merupakan tahapan pertumbuhan rambut terlama. Selain itu, dalam kondisi normal, 90% rambut di kepala berada di tahapan ini.


Fase Catagen - Masa Transisi

Fase ini terjadi setelah fase anagen berakhir. Biasanya berlangsung dalam kisaran sepuluh hari. Dalam tahapan ini, pertumbuhan rambut berhenti dan folikelnya mulai mengerut. Akar rambut juga mulai terlepas, namun masih berada di folikel hingga masa hidup rambut benar-benar berakhir.

Masa ini disebut transisi karena rambut berhenti tumbuh namun belum sepenuhnya mati. Normalnya hanya sekitar lima persen rambut di kepala yang berada di fase catagen.


Fase Telogen - Masa Istirahat

Pada fase ini, rambut belum rontok namun pertumbuhannya juga sudah berhenti. Ada kalanya folikel rambut yang telah mengalami kerontokan mulai menumbuhkan rambut baru. Biasanya fase tolagen terjadi tiga bulan. Sebanyak 10 hingga 15 persen rambut di kepala selalu berada di tahapan ini.


Fase Exogen - Masa Kerontokan

Pendapat ilmuwan sering terbagi antara mengakui keberadaan tahapan ini atau menilai masa pertumbuhan rambut hanya sampai fase telogen. Terlepas dari itu, ini adalah fase pertumbuhan rambut paling akhir.

Fase exogen bisa terjadi selama dua hingga lima bulan. Selama itu, rambut mulai terlepas dari kulit kepala. Hal itu sering terjadi saat keramas atau menyisir rambut.

Kerontokan rambut antara 50 hingga 100 helai per hari masih termasuk normal. Saat rambut telah rontok, folikel mulai menumbuhkan rambut untuk memulai fase anagen kembali.





Artikel Lainnya

Memahami Kaitan Rambut Botak dan Faktor Keturunan

Kebotakan sering dikaitkan dengan keturunan. Hal itu memang benar,. Namun, jika sisi genetis dianggap sebagai satu-satunya pemicu rambut botak, maka tidaklah tepat. Masih banyak faktor lain yang ikut berpengaruh.

Produk Pertumbuhan Rambut: Apakah Mereka Efektif?

Hanya beberapa dekade yang lalu, merawat rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut berarti memesan produk seperti sisir khusus, minyak, dan ramuan dari katalog pesanan melalui pos. Saat ini, mudah untuk menemukan berbagai produk yang ditujukan untuk meningkatkan garis rambut, menebalkan area tipis dan memicu pertumbuhan rambut.

Penjelasan DHT dan Kerontokan Rambut Pria

Kenyataannya adalah bahwa kerontokan rambut pada pria terutama disebabkan oleh dihydrotestosterone (DHT), hormon steroid pria yang berikatan dengan reseptor di kulit kepala Anda dan - pada pria yang rentan secara genetik - bertanggung jawab atas kerontokan rambut.