whatsapp button

January 18, 2021

Kebotakan Karena Keturunan Berasal dari Garis Ayah Atau Ibu?

BLOG-kebotakan-karena-keturunan-berasal-dari-garis-ayah-atau-ibu

Faktor genetis memang bisa memengaruhi potensi kebotakan seseorang. Mereka yang memiliki garis keturunan botak potensial akan mengalami hal serupa. lantas apakah dari kerabat dari ayah atau ibu yang lebih berperan?

Menjawab pertanyaan tersebut bukan perkara mudah. Masalah kebotakan akibat keturunan sangat kompleks. Namun, selama ini garis keturunan ibu yang dilihat.

Banyak yang yakin bahwa gen kebotakan diwariskan dari sana. Jadi, jika ingin melihat potensi kebotakan, lihatlah kakek dari ibu. Jika botak, Anda juga akan berpeluang mengalaminya.

Meski tidak sepenuhnya tepat, namun ada bukti terkait pemahaman tersebut. Salah satu pemicu kebotakan adalah gen androgen receptor (AR). Gen AR tersebut ada di kromosom X. Inilah yang menjadi acuan bahwa gen ibu berpengaruh terhadap kebotakan.

Kromosom X siwarisi pria dari ibunya, sehingga jika kakek dari ibu botak, kemungkinan cucu prianya botak terbuka lebar. Namun, memandang kebotakan hanya dari satu sisi orang tua tidaklah tepat. Ilustrasi sederhana tentang keturunan bisa membuka perdebatan lebih lanjut tentang pemicu kebotakan.

Katakanlah kakek dari pihak ibu Anda botak. Ia akan mewariskan satu-satunya kromosom X yang dimilikinya ke ibu Anda. Padalah, kromosom X tersebut membawa gen kebotakan. Namun, pada saat yang bersamaan, ibu Anda juga mewarisi kromosom X dari nenek Anda.

Jadi, potensi pria seperto Anda mengalami kebotakan menjadi 50%. Mengapa hanya sebesar itu? Pasalnya, hanya satu kromosom X yang diwarisi dari ibu. Namun, perlu diingat, ibu Anda memiliki dua kromosom X. Dari keduanya, hanya satu di antara yang membawa gen kebotakan.

Maka, bisa jadi Anda mewarisi kromosom X dengan gen kebotakan. Tapi, terbuka kemungkinan pula Anda memperoleh kromosom X satunya. kalau yang dialami hal terakhir, peluang Anda mengalami kebotakan dari garis keturunan pun hilang.


BANYAK FAKTOR PENENTU LAIN

Oleh sebab itu, menyebut garis ibu sebagai pewaris gen kebotakan kurang tepat. Hasil riset bertajuk Genetic Prediction of Male Pattern Baldness pada 2017 bisa menjadi acuan.

Di sana ditemukan bahwa kebotakan pada pria itu merupakan akibat dari kondisi polygenic. Ini adalah situasi ketika aneka variasi gen berpengaruh terhadap sebuah hal.

Faktanya, memang terdapat banyak gen yang berpengaruh terhadap kebotakan yang tidak berada di kromosom seks. Berbagai gen tersebut lebih mudah menjadi acuan prediksi kebotakan seseorang.

Misalnya varian gen yang memicu masalah pada folikel sehingga pertumbuhan rambut terganggu. Kalau Anda memiliki varian gen tersebut, meskipun dari garis keturunan ibu tidak ada kebotakan, rambut Anda pun tetap bisa botak.

Misalnya varian gen yang memicu masalah pada folikel sehingga pertumbuhan rambut terganggu. kalau Anda memiliki varian gen tersebut, meskipun dari garis keturunan ibu tidak ada kebotakan, rambut Anda pun tetap bisa botak.

Jadi, hanya menyebut garis ibu sebagai pembawa kebotakan kurang tepat. Dokter dari Mayo Clinic bernama Dwan Dawis menyarankan lebih baik untuk melihat kerabat kedua orang tua jika ingin melihat potensi keboakan Anda. Hal itu akan lebih akurat.



Artikel Lainnya

Penumbuh Rambut Paling Efektif di Pasar

Kerontokan rambut yang memicu kebotakan kerap meresahkan kaum pria. Mereka melakukan berbagai cara untuk mengatasinya. Memakai aneka jenis penumbuh rambut menjadi salah satunya.

Dampak Potong Secara Teratur Bagi Pertumbuhan Rambut

Memiliki rambut yang sehat tentu menjadi idaman bagi banyak pihak. Apalagi bagi mereka yang memiliki masalah kerontokan rambut. Jika ingin memilikinya, cobalah untuk melakukan potong rambut secara teratur.

5 Nutrisi Penting Untuk Mencegah Rambut Rontok

Seiring pertambahan usia, kerontokan rambut yang menjadi awal kebotakan dapat dialami oleh para pria. Selain melakukan perawatan rambut, asupan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan rambut juga perlu dikonsumsi.