whatsapp button

February 04, 2021

Dampak Potong Secara Teratur Bagi Pertumbuhan Rambut

BLOG-dampak-potong-secara-teratur-bagi-pertumbuhan-rambut

Sumber foto: Unsplash


Memiliki rambut yang sehat tentu menjadi idaman bagi banyak pihak. Apalagi bagi mereka yang memiliki masalah kerontokan rambut. Jika ingin memilikinya, cobalah untuk melakukan potong rambut secara teratur.

Bagi mereka yang rambutnya rontok, memangkas rambut terkesan kontradiktif. Saat ingin rambut tumbuh lebih lebat, mengapa justru harus dipotong?

Kekhawatiran ini memang ada benarnya. memangkas rambut tidak serta-merta membuat rambut bisa tumbuh dengan lebat. Namun, jika melakukannya, rambut dapat mencapai potensi terbaiknya. Inilah yang penting bagi pertumbuhan rambut.


Memangkas Rambut Rusak

Untuk memahaminya, perlu diketahui bahwa salah satu faktor penyebab pertumbuhan rambut ialah rambut yang pecah dan bercabang. Hal ini ternyata membuat rambut tidak bisa tumbuh maksimal.

Alhasil, meski terus ada dorongan buat tumbuh dari folikel, rambut tidak bisa bertambah panjang. Padahal seharusnya rambut secara alami tumbuh sekitar 1 cm per bulan.

Namun hal tersebut tidak terjadi. Akibatnya volume rambut tidak bertambah. Rambut pun akan terus terkesan tipis.

Melihat kondisi tersebut, memotong rambut secara teratur bisa menjadi solusi. Dengan memangkas secara rutin, rambut yang bercabang dan terpecah akan terpotong. Hal itu akan mendukung pertumbuhan rambut yang lebih baik. Rambut pun bisa tumbuh sesuai potensinya.

Dampaknya akan terlihat beberapa waktu kemudian. Rambut yang tumbuh dengan sehat akan memanjang lebih cepat. Dengan kata lain, pertumbuhan rambut akan lebih baik.

Tampilan rambut juga akan terbantu. Rambut yang sehat akan terlihat lebih lebat. Ini bermanfaat sekali bagi mereka yang berambut tipis akibat kerontokan rambut.


Lakukan Rutin

Jadi, menyebut potong rambut akan merangsang rambut-rambut baru tumbuh memang tidaklah tepat. Rambut tumbuh di folikel. Pangkasan rambut tidak akan bisa sampai ke sana. Salah kaprah jika memahami potong rambut berdampak bagi folikel.

Namun, memotong rambut memang berpengaruh ke pertumbuhan rambut yang lebih sehat. Pemahaman ini yang lebih tepat.

Maka, disarankan untuk mau melakukan potong rambut secara teratur. Lakukan setiap delapan hingga 12 minggu sekali. Nanti pertumbuhan rambut akan terdukung.

Lalu lengkapi dengan gaya hidup sehat seperti berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi. Selain itu, hindari stres dan tambahkan suplemen jika perlu.

Sedangkan jika memang mengalami kerontokan rambut, segera lakukan perawatan. Hal itu akan membantu menanggulangi hal tersebut menjadi kebotakan permanen.


Artikel Lainnya

Apakah Ada Efek Samping Finasteride?

Masalah Kebotakan yang menghantui para pria sebenarnya bisa diatasi dengan perawatan yang tepat. Penggunaan finasteride seperti yang terkandung di dalam Sozomen Hair Growth Capsule akan sangat membantu. Pemakainya tidak perlu takut akan ada efek samping meski harus dikonsumsi teratur secara oral.

Penjelasan DHT dan Kerontokan Rambut Pria

Kenyataannya adalah bahwa kerontokan rambut pada pria terutama disebabkan oleh dihydrotestosterone (DHT), hormon steroid pria yang berikatan dengan reseptor di kulit kepala Anda dan - pada pria yang rentan secara genetik - bertanggung jawab atas kerontokan rambut.

5 Nutrisi Penting Untuk Mencegah Rambut Rontok

Seiring pertambahan usia, kerontokan rambut yang menjadi awal kebotakan dapat dialami oleh para pria. Selain melakukan perawatan rambut, asupan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan rambut juga perlu dikonsumsi.