whatsapp button

February 22, 2021

Cara Minoxidil Mengatasi Penurunan Garis Rambut

BLOG-cara-minoxidil-mengatasi-penurunan-garis-rambut

Sumber Foto: Mitchell Griest via Unsplash 

Penurunan garis rambut bisa menjadi indikasi proses kebotakan tengah terjadi. Jika mengalaminya, pemanfaatan minoxidil seperti yang terkandung dalam Sozomen Hair Growth Serum berguna seklai untuk mengatasinya.

Garis rambut yang menurun biasanya terjadi tanpa disadari. Rambut-rambut di sana awalnya akan menipis karena rontok. Lalu, lama kelamaan tidak ada yang tumbuh lagi, sehingga garis rambutnya langsung mundur.

Namun, hal tersebut sesungguhnya dapat diatasi. Disarankan untuk menggunakan produk perawatan kebotakan seperti Sozomen Hair Growth Serum. Di dalmanya terdapat kandungan minoxidil yang mampu mengatasi penurunan garis rambut.


Obat yang Terbukti Klinis

Minoxidil merupakan obat yang sudah terbukti secara klinis mampu mengatasi masalah kebotakan. Bersama finasteride, minoxidil telah mendapat persetujuan dari Food and Drugs Administration (FDA) di Amerika Serikat.

FDA mengeluarkan rekomendasi bukan tanpa alasan. Minoxidil terbukti mampu mengatasi masalah kerontokan rambut berdasar berbagai hasil riset ilmiah.

Namun, banyak yang mengira minoxidil hanya ampuh untuk perawatan di area atas kepala, tepatnya di bagian crown. Keampuhannya untuk area di bagian bawah kepala seperti garis rambut masih diragukan.

Keraguan tersebut sebenarnya tidak beralasan. Meski belum ada riset yang membuktikannya secara klinis, namun secara logika minoxidil diyakini tetap akan mampu mengatasi masalah kerontokan rambut di kepala bagian depan.



Cara Kerja Minoxidil di Bagian Depan Kepala

Minoxidil termasuk golongan vasodilator. Ini adalah obat yang mampu melancarkan peredaran darah. Begitu diterapkan secara topikal di satu area, maka sirkulasi darah di sana akan membaik.

Hal ini yang mendasari kemampuan minoxidil dalam menumbuhkan rambut. Begitu diaplikasikan di kepala, minoxidil langsung bereaksi dengan sulfotransferase kulit kepala.

Setelah itu, kulit kepala langsung mengubahnya menjadi minoxidil sulfate. Inilah kandungan yang penting bagi pertumbuhan rambut.

Minoxidil sulfate mampu memperpendek fase telogen rambut atau masa ketika rambut beristirahat dan mulai merontokkan diri. Sebaliknya, kehadiran fase anagen atau masa pertumbuhan rambut dipercepat. Dengan demikian, rambut akan tumbuh dengan baik.

Area garis rambut memiliki kondisi yang sama dengan semua kulit kepala lain, termasuk crown. Tidak ada perbedaan yang ada. Alhasil, ketika minoxidil diberikan di sana, rangsangan untuk menumbuhkan rambut akan terjadi.

Hal ini penting bagi upaya mengatasi penurunan garis rambut kepala. Berkat minoxidil, masa pertumbuhan rambut dipercepat. Bahkan, bisa diperlama sehingga rambut akan panjang dan tebal. Sebailknya masa telogen diperpendek. Oleh karena itu, kemunduran garis rambut dapat dicegah.












Artikel Lainnya

Benarkah Merokok Bisa Memicu Kebotakan?

Kebotakan berpotensi dialami oleh banyak pria. Jika merokok, maka peluang mengalaminya kian bertambah besar. Selain buruk bagi kesehatan, rokok terbukti dapat mendorong kerontokan rambut.

6 Jenis Makanan yang Dapat Membantu Mengatasi Masalah Rambutmu

Makanan adalah obat, jika rambut bermasalah, disarankan untuk mengonsumsi sejumlah makanan yang bermanfaat bagi rambut. Berikut ini rekomendasinya:

Mari Pahami Fase Pertumbuhan Rambut

Pertumbuhan rambut ternyata tidak sesederhana yang terlihat. Saat menumbuhkan rambut terdapat tahapan-tahapan yang mesti dilalui. Tahapan tersebut berulang hingga menjadi siklus. Terdapat empat fase pertumbuhan rambut yang dialami oleh setiap orang. Setiap fase memiliki kurun waktu tersendiri yang bisa dipengaruhi oleh faktor usia, generis, nutrisi, maupun kesehatan tubuh.