whatsapp button

December 10, 2020

Apakah Sering Keramas Memicu Kebotakan?

BLOG-apakah-sering-keramas-memicu-kebotakan

Keramas akan membuat rambut dan kulit kepala bersih. Jangan takut untuk melakukannya karena tidak akan memicu kebotakan.

Mencuci rambut diperlukan untuk menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Area tersebut rawan kotor karena terpapar debu dan kotoran setiap hari.  Selain itu, kehadiran keringat dan keberadaan minyak alami rambut atau sebum bisa ikut mengotori.

Secara alami, rambut menghasilkan sebum untuk menjaga kelembapan. Sebum bermanfaat untuk kesehatan dan kelembutan rambut. Namun, jika berpadu dengan paparan kotoran dan keringat, sebum bisa membuat rambut dan kulit kepala kotor.

Kondisi tersebut tidak bisa dibiarkan. Pembersihan harus dilakukan. Salah satunya caranya bisa dengan keramas. Nanti sampo akan mengangkat minyak dan kotoran yang ada.


Tidak Akan Membuat Rambut Rontok

Kendati demikian, banyak yang khawatir terhadap kerontokan rambut ketika keramas. Bahkan, ada yang sampai menganggapnya sebagai pemicu kebotakan. 

Hal tersebut sebenarnya tidak beralasan. Dermatolog dari School of Medicine Mount Sinai, Gary Goldenberg, M.D., menyatakan kebersihan rambut dan kulit kepala sangat vital. Folikel rambut menumbuhkan rambut dari sana. Alhasil, diperlukan kulit kepala yang bersih agar rambut tumbuh dengan sehat.

Selain itu, asal tidak berlebihan, rambut yang rontok saat keramas merupakan hal wajar. Bahkan, kerontokan hingga 250 helai saat keramas pun masih normal. Hal tersebut malah bisa memicu regenerasi pertumbuhan rambut. 

Lagi pula, kekuatan rambut pantang diremehkan. Penulis buku Hair: A Human History, Kurt Stenn menyatakan bahwa struktur rambut sangat kuat dan mampu menahan trauma berat. Jika hanya dicuci, rambut tidak akan rontok. 


Keramas Dengan Lembut dan Tidak Berlebihan

Agar aman bagi rambut, keramas dengan lembut. Selain itu, jangan melakukannya secara berlebihan. Sampo dengan kandungan kimia berlebihan juga justru memperparah kerontokan rambut.

Secara umum, disarankan untuk mencuci rambut sebanyak dua hingga tiga kali sepekan. Hindari melakukannya setiap hari karena bisa menghilangkan kelembapan alami kulit kepala. 

Pengecualian bisa dilakukan bagi yang memiliki kulit kepala dan rambut yang berminyak. Keramas dapat dilakukan setiap hari. Namun, gunakan sampo yang tidak terlalu keras agar kelembapan rambut dan kulit kepala tetap terjaga.

Disarankan untuk memakai sampo yang aman seperti sampo Sozomen. Diformulasikan untuk menenangkan kulit kepala, sampo ini mendukung perkembangan rambut. 

Hasilnya akan semakin optimal jika digabung dengan penggunaan serum penumbuh rambut dari Sozomen. Sebab, sampo Sozomen diformulasikan untuk mempersiapkan kulit kepala dalam menerima nutrisi

Namun, untuk memastikan kondisi rambut tetap sehat dan terhindar dari kebotakan, kunjungi website Sozomen. Di sana Anda bisa melakukan konsultasi dengan profesional untuk mendapat solusi kebotakan terbaik.

Artikel Lainnya

Mengenal Minoxidil yang Ampuh dalam Menghilangkan Kebotakan

Banyak sekali solusi kebotakan yang ditawarkan. Namun, jika ingin mendapatkan hasil pasti yang sudah terbukti klinis, minoxidil menjadi jawabannya.

Benar Finasteride Memberikan Hasil? Hasil apa yang bisa diharapkan untuk kebanyakan pria?

Finasteride adalah satu-satunya resep obat pemblokir DHT yang telah disetujui oleh FDA untuk mengobati kebotakan pola pria, dan telah membantu jutaan pria dalam memerangi kebotakan.

Bukti Dari Sozomen, Dari Rambut Botak Kembali Lebat

Banyak pihak yang mengklaim mampu mengatasi kebotakan. Namun, hanya sedikit yang bisa memberi bukti nyata seperti Sozomen. Setelah melakukan perawatan bersama Sozomen, rambut dapat kembali lebat.