whatsapp button

March 02, 2021

Apakah Ada Efek Samping Finasteride?

BLOG-apakah-ada-efek-samping-finasteride

Sumber Foto: Sozomen on Instagram


Masalah Kebotakan yang menghantui para pria sebenarnya bisa diatasi dengan perawatan yang tepat. Penggunaan finasteride seperti yang terkandung di dalam Sozomen Hair Growth Capsule akan sangat membantu. Pemakainya tidak perlu takut akan ada efek samping meski harus dikonsumsi teratur secara oral.

Bersama minoxidil, finasteride merupakan obat perawatan kebotakan yang mendapat persetujuan dari Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat. Rekomendasi ini tidak lepas dari keberadaan bukti klinis terhadap keampuhan finasteride.

Secara khusus, finasteride memang coock untuk mengatasi kebotakan yang disebabkan oleh hormon androgen. Nanti, finasteride mampu memblokir testosteron menjadi dihidrotestosteron (DHT). Alhasil, DHT yang bisa mengganggu folikel rambut dan siklus pertumbuhan rambut ini tidak berlebihan. Rambut pun tumbuh dengan sehat.

Finasteride biasa digunakan secara oral. Hal ini yang sering menjadi perhatian banyak pria. Tidak sedikit yang khawatir bahwa finasteride bisa memberi efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.

Akan tetapi, fakta yang ada, finasteride terbukti aman. Atas dasar ini pula FDA memberikan persetujuannya sebagai obat untuk mengatasi kebotakan pada pria.

Memang banyak rumor mengenai efek samping finasteride. Misalnya terkait kandungannya yang memicu kanker. Kekhawatiran ini langsung ditepis oleh FDA yang merilis laporan keamanan pada 2011. Saat itu disebutkan bahwa 5-alpha reductase inhibitors seperti finasteride tidak menimbulkan kanker prostat seperti yang dikhawatirkan.

BUkan hanya itu, problem gangguan seksual yang diyakini ada sebagai efek samping finasteride juga tidak terbukti. Pada 2012, FDA menyebutkan kemungkinan hal tersebut terjadi sangatlah kecil.

DFA bisa menyimpulkannya setelah melakukan riset mengenai efek samping finasteride dan kesehatan seksual pria. Hasilnya memang korelasinya sangat kecil, sehingga finasteride tidak bisa disebut memiliki dampak ke masalah seksual pria.


PENGAWASAN DOKTER

Finasteride sudah terbukti aman dikonsumsi. Pemakaian secara teratur pun tidak akan memberi dampak negatif. Kuncinya ada di pemberian dosis yang tepat sesuai petunjuk dokter. 

Hal ini vital karena pemakaian finasteride harus sesuai kondisi pemakai supaya memperoleh hasil maksimal dan aman. Jika terlalu banyak, risiko terhadap kesehatan bisa muncul. Namun, jika dosisnya kurang, efektivitasnya dalam mendukung pertumbuhan rambut berkurang.

OLeh sebab itu, pengawasan pemakaian sesuai petunjuk dokter sangat penting. Inilah yang diberikan oleh Sozomen ketika pengguna memakai Sozomen Hair Growth Capsule. Dosisnya bisa disesuaikan dengan kondisi pasien, sehingga pasti aman tanpa efek samping.



Artikel Lainnya

Pengaruh Kurang Tidur Bagi Kesehatan Rambut

Mereka yang memiliki potensi kebotakan atau mempunyai masalah kerontokan rambut, harus memperhatikan kesehatan rambut. Salah satu caranya dengan menjaga kualitas tidur. Pastikan waktu beristirahat tersebut selalu mencukupi.

Dampak Potong Secara Teratur Bagi Pertumbuhan Rambut

Memiliki rambut yang sehat tentu menjadi idaman bagi banyak pihak. Apalagi bagi mereka yang memiliki masalah kerontokan rambut. Jika ingin memilikinya, cobalah untuk melakukan potong rambut secara teratur.

Penjelasan DHT dan Kerontokan Rambut Pria

Kenyataannya adalah bahwa kerontokan rambut pada pria terutama disebabkan oleh dihydrotestosterone (DHT), hormon steroid pria yang berikatan dengan reseptor di kulit kepala Anda dan - pada pria yang rentan secara genetik - bertanggung jawab atas kerontokan rambut.